Teknik SEO Black Hat dan White Hat - Mana Yang Bagus?

Teknik SEO sangatlah penting terutama untuk blog/situs yang baru didirikan dan masih perlu pondasi. Pondasi tersebut diperlukan supaya blog bisa bersaing didalam mesin pencari. Jika blog baru tidak memiliki pondasi SEO yang kuat maka akan kalah saing dengan situs besar lainnya. Selain itu bagi owner blog juga harus pandai dalam SEO setidaknya mengerti tentang teknik SEO.

Maka dari itu bagi para pemula sebaiknya belajar SEO dengan baik sambil membangun blognya. Salah satu jenis teknik SEO yang terkenal adalah teknik SEO Black Hat dan teknik SEO White Hat. Kedua teknik tersebut bisa anda gunakan untuk blogspot dan juga wordpress tergantung dari anda menggunakannya.

Teknik seo black dan white hat. Pengertian dan contoh tekniknya yang bisa diterapkan di blog. Dampah dan bagus yang mana?

Teknik SEO White Hat

Teknik SEO white hat merupakan teknik SEO yang baik dan benar serta tidak melanggar TOS mesin pencari. Selain itu teknik ini aman untuk digunakan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pagerank blog di mesin pencari selain itu juga supaya artikel bisa bisa berada dihalaman pertama pencarian google. 

Hasil yang didapat dengan teknik SEO ini membutuhkan waktu yang lama. Namun hasil yang didapatpun tidak sia-sia blog anda akan memiliki trafik yang stabil dan aman dari kesalahan. Walaupun lama asalkan anda selalu update artikel setiap hari bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan trafik yang besar. 

Teknik white hat termasuk aman digunakan dan tidak memiliki efek untuk blog kedepannya. Jadi tidak akan membuat blog anda down jika ada masalah tentang dunia SEO. Berikut ini contoh teknik SEO white hat yang bisa diterapkan :

1. Optimasi Artikel Blog

Artikel perlu anda optimasi supaya bisa menjadi SEO. Anda juga harus mengoptimasi artikel ketika sedang membuat artikel supaya anda tidak perlu mengulang untuk optimasi ulang artikel blog. Bagaimana cara optimasi artikel? Dengan menargetkan atau riset keyword untuk artikel yang akan dibuat.

2. Optimasi URL Artikel

Sebelum menerbitkan artikel sebaiknya anda mengoptimasinya terlebih dahulu. Karena jika sudah diterbitkan maka url tidak bisa diubah lagi (jika menggunakan blogspot). Anda bisa memasukkan keyword kedalam url untuk cara optimasi url. Selain url artikel anda juga harus optimasi/memilih domain anda.

3. Link Building/Backlink

Link building ini bisa anda lakukan didalam maupun diluar blog. Secara internal anda bisa membangun link building yang relevan didalam artikel. Untuk backlink/link building luar anda bisa dengan cara meminta backlink dari blog lain namun secara alami jangan sampai anda membeli backlink dari blog berpagerank ramping.

4. Template Blog

Template blog memang menjadi salah satu pondasi untuk mendirikan blog.Pilihlah template yang SEO friendly dan jangan lupa untuk memasang meta tag SEO didalam template blog anda. Banyak template SEO yang bisa anda temukan di google.

5. Submit Sitemap dan Fetch As Google

Untuk cara ini anda perlu mendaftarkan blog anda ke google webmaster untuk bisa menggunakan tools tersebut. Dengan submit sitemap dan melakukan fetch as google maka akan mempercepat index artikel blog anda.

6. Share ke Media Sosial

Membagikan artikel ke media sosial sangat penting bukan hanya bisa meningkatkan visitor tetapi juga SEO blog anda Namun perlu diingat anda harus share artikel sewajarnya bagikan artikel sesuai dengan topik atau tempatnya jangan sampai spam karena malah akan membuat reputasi blog anda buruk.

Teknik SEO Black Hat

Teknik SEO Black Hat ini memiliki dampak yang sangat cepat dalam SEO blog. Efek yang cepat ini membuat para blogger menggunakan teknik ini untuk optimasi SEO blog tanpa berfikir dampak yang akan dialami. Walaupun cepat namun teknik ini juga memiliki efek samping kedepannya.

Contohnya membangun link building dengan beternak link blog yang menggunakan teknik ini ditahun 2016 kebawah memang memiliki trafik yang tinggi namun setelah google update algoritma fred blog-blog tersebut mulai tumbang satu-persatu. Itu dia dampak jika menggunakan teknik black hat. 

Tapi jika anda tertarik untuk menggunakan teknik blackhat berikut beberapa teknik black hat yang bisa anda terapkan :

1. Keyword Berlebih

Keyword berlebih atau keyword stuffing merupakan pengulangan keyword atau penggunaan keyword yang tidak wajar didalam postingan. Biasanya pengulangan ini sama seperti judul artikelnya. Pengulangan keyword ini biasanya muncul di penggunakan tag heading.

2. Link Farming

Berternak link atau link farming sangat mudah untuk diterapkan. Kalian hanya perlu membuat link bisa di blog lain,blod dummy,dikomentar,dll. Namun teknik ini sudah tidak aman lagi akibat algoritma google fred.

3. Penggunaan Memanipulasi Heading

Cara memanipulasi heading teks bisa dilakukan dengan mengubah warna heading menjadi sama seperti warna latar atau juga bisa dengan mengubah ukuran heading supaya sama seperti ukuran isi huruf normal arrtikel.

4. Duplikat Konten Dengan Judul Berbeda 

Membuat banyak konten artikel dengan judul yang berbeda dengan harapan mendapatkan banyak visitor merupakan salah satu teknik SEO black hat. Dengan cara ini anda bisa membuat banyak konten walaupun isinya sama hanya berbeda pada judul yang berbeda juga keyword yang dipakai. 

Nah itu dia pembahasan tentang teknik SEO White & Black hat. Jika anda ingin merasakan hasil yang jangka panjang lebih baik anda pakai teknik white hat. Semoga bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Teknik SEO Black Hat dan White Hat - Mana Yang Bagus?"

Jangan ada link aktif di komentar karena komentar anda di moderasi!