Cara Riset Keyword / Kata Kunci Dengan Google Keyword Planner - Untuk Blog/Youtube/Toko Online

Bagi kalian yang ingin mendapatkan visitor dari google maka kalian perlu melakukan riset keyword. Riset keyword sangat penting apalagi jika kalian ingin mendapatkan visitor organik dari google search. Membuat artikel tanpa riset keyword maka akan membuat anda mendapatkan visitor tanpa target yang jelas.

Dengan melakukan riset keyword anda bisa mengetahui volume pencarian dan visitor yang anda dapatkan kedepannya. Selain itu riset keyword bukan hanya ditujukan untuk artikel blog saja tetapi juga bisa untuk youtube,toko online/onlineshop,dan juga hal-hal lainnya. Namun biasanya riset keyword ditujukan untuk mengetahui volume pencarian google.

Untuk bisa melakukan riset keyword kita membutuhkan situs riset keyword dan juga situs untuk mengetahui volume pencarian dari keyword-keyword yang didapatkan (dengan keyword planner). Untuk menggunakan keyword planner anda harus memiliki akun google adwords terlebih dahulu.

Seperti Apa Riset Keyword itu?

Riset keyword seperti halnya mencari keyword yang paling baik untuk dipakai. Supaya mendapatkan visitor yang diinginkan. Selain untuk mendapatkan keyword yang diinginkan ,riset keyword juga berfungsi untuk mengetahui nilai bpk dari artikel yang dibuat nanti untuk menargetkan pendapatan yang juga akan didapat.

Salah satu riset keyword yang bagus adalah riset keyword dengan keyword planner. Di keyword planner kita bisa mengetahui volume pencarian serta bpk keyword tersebut.  Riset keyword bukan hanya untuk web tetapi juga bisa untuk riset youtube dan juga toko online/shopping.

Jenis-Jenis Keywords

Keyword ada bermacam-macam. Dan dari jenis keywords tersebut ada keunikan masing-masing. Berikut jenis-jenis keywords.

1. Long Tail Keyword

Long tail keyword ini merupakan keyword yang panjang dan didalamnya terdapat kata kunci. Keyword ini cocok digunakan untuk blog baru untuk mendapatkan visitor. Kelemahan dari keyword ini adalah memiliki volume pencarian yang sedikit.

2. Short Tail Keyword

Short tail keyword ini terdiri dari 1 kata kunci saja. Seperti : android,teknologi,smartphone,dll. Keyword ini biasanya digunakan untuk blog yang besar dan memiliki visibilitas yang tinggi. Oleh sebab itu bagi blog baru jika menggunakan short tail keyword maka akan kalah SERP dengan blog besar.

3, Keyword Musiman

Keyword musiman cenderung memiliki volume pencarian yang tinggi ketika sedang musimnya. Namun akan menyurut ketika tidak musimnya. Contoh keyword musiman "Cara Membuat Nastar". Keyword tersebut hanya akan muncul ketika lebaran.

4. Keyword Abadi

Keyword abadi memiliki volume pencarian yang tetap tapi cenderung memiliki persaingan yang ketat agar bisa berada dipage one halaman pencarian. Contoh keyword abadi "Cara Membuat Blog". Keyword ini akan terus dicari di google karena memang selalu ada yang ingin membuat blog.

Cara Riset Keyword Lengkap

Langkah 1
Silakan anda buka dulu situs riset keyword berikut https://ubersuggest.io/

Langkah 2
Masukkan keyword yang diinginkan (masukkan short tail keyword sesuai dengan niche blog,contoh : teknologi,android,dll)

  1. Pilih apa yang ingin di riset (Web,Images,Shopping,Youtube,News)
  2. Pilih negara
  3. Jika sudah klik Suggest
  4. Akan muncul keyword rujukan/turunan lainnya

Langkah 3
Untuk mengetahui volume pencarian silakan anda salin keyword turuan tersebut atau juga bisa download semua keyword dengan klik 'Download All'

Riset keyword sanngat penting untuk seo blog agar blog bisa ramai pengunjung. Bukan hanya untuk web situs riset keyword bisa juga untuk youtube dan toko online. Beriut riset keywors paling jitu.
Langkah 4
Masuk ke google keyword planner link berikut google keyword planner (jika belum punya akun silakan buat akun adwords dulu..gratis kok). Pilih Get search volume data and trends

Masukkan keyword yang sudah disalin tadi atau juga bisa uploud file yang sudah didwonload tadi. Jika sudah klik Get Search Volume

Riset keyword sanngat penting untuk seo blog agar blog bisa ramai pengunjung. Bukan hanya untuk web situs riset keyword bisa juga untuk youtube dan toko online. Beriut riset keywors paling jitu.

Silakan anda analisa data volume pencarian yang disajikan di keyword planner. Jika sudah silakan pilih keyword yang memiliki volume pencarian yang terbanyak untuk membuat artikel.

Tambahan untuk mendapatkan hasil yang maksimal
#1. Silakan masukkan keyword yang anda pilih tadi di mesin pencari google dan lihat apa ada keyword tambahan lagi dari fungsi google auto complete
#2. Lihat Searches related yang ada dipaling bawah saat kita mencari di google,tambahkan keyword yang ada di Searches related.

Cukup sekian artikel ini semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Riset Keyword / Kata Kunci Dengan Google Keyword Planner - Untuk Blog/Youtube/Toko Online"

Post a Comment

Jangan ada link aktif di komentar karena komentar anda di moderasi!