Cara Menggunakan Google Webmaster Tools Dengan Benar

Siapa yang belum menggunakan google webmaster tools? Mungkin dari anda masih ada yang belum tahu apa itu google webmaster tools. Google webmaster tools atau juga  yang sering diketahui sebagai Google Search Console ini merupakan sebuah bagian dari google. Bagian kecil google ini ditujukan bagi para blogger tentunya yang ingin memanfaatkan google sebagai sumber trafiknya.

Walaupun kecil tapi google webmaster tools memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Yang perlu disiapkan ketika anda ingin menggunakan google webmaster tools ini adalah anda hanya perlu mendaftarkan situs anda ke google webmaster tools dengan akun google anda. Jika sudah maka anda akan merasakan manfaat yang luar biasa. Baca : Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster [Search Console]

Belajar Menggunakan Google Webmaster Tools

Bukan hanya blogger yang menggunakan platform blogger saja yang bisa menggunakan webmaster,tetapi juga platform lainnya. Supaya blog bisa ditemukan di google mungkin dengan mengoptimasi dengan webmaster tools hal tersebut bisa tercapai. 

Sebelum kita membahas lebih dalam lagi lebih baik kita memahami bagian-bagian/fitur dasar dari webmaster tools terlebih dahulu. Yaitu ada :
  • Search Appearance
  • Search Traffic
  • Google Index ,dan
  • Crawl

Belajar Menggunakan Google Webmaster Tools

    Masilah kita belajar bagian-bagian dasar tersebut dengan seksama supaya anda bisa lebih paham tentang google webmaster tools. Pertama!

    1. Search Appearance

    Bagian ini berfungsi untuk mengatur tampilan pencarian. Tampilan pencarian dimana? Ya di google. Anda bisa mengatur tampilan setiap index artikel di google. Pernahkah anda melihat bahwa ketika anda melakukan pencarian dan menemukan hasil pencarian yang diberi rating bintang. Hal tersebut bisa diatur disini. Dibagian ini juga dikelompokan lagi berdasarkan fitur dan fungsi :
    • Structured Data
    • Rich Cards
    • Data Highlighter
    • HTML Improvement
    • Accelerated Mobile Pages
    Anda bisa langsung mepelajarinya lebih dalam dengan menuju webmaster.

    2. Search Traffic

    Untuk mengetahui data dan trafik pencarian blog anda bukan hanya melalui google analitik,namun jga bisa melalui google webmaster. Walaupun data traffic yang disajikan tidak selengkap google analitik. Dibagian ini juga masih dikelompokkan lagi supaya memudahkan dalam penggunaannya,berikut pengelompokkannya :

    1. Search Analitycs

    Data yang ada tidak selengkap google analitik namun masih bisa membantu anda untuk mengetahu trafik blog anda dari google. Dengan ini anda bisa mengetahui jumlah klik yang dilakukan visitor,impressions,CTR,dan juga posisi artikel anda di google. Dan anda juga masih bisa mengetahui data trafik lainnya mulai dari queries,pages,negara,device pengguna,dan lainnya.

    Baca juga : 4 Cara Mudah Supaya Artikel Cepat Terindex Google

    2. Links to Your Site 

    Disini anda bisa mengatahui jumlah backlink yang anda miliki bukan hanya itu saja,anda juga bisa mengatahui situs yang memberi anda backlink baik itu dofollow maupun nofollow. Bahkan anda juga mengetahui backlink yang menuju situs walaupun anda tidak pernah meminta atau membuatnya.

    3. Internal Links

    Ini untuk mengetahui jumlah link internal anda serta dimana link internal berada dan kemana tujuannya. Fitur ini akan menampilkan jumlah link internal yang ada di blog anda. Bukan hanya link dari situs anda menuju situs anda tetapi juga dari blogger ke situs anda.

    4. Manual Action

    Fitur ini untuk mengetahui situs spam yang ada di blog anda. Jika tidak ada situs spam/tindakan spam di blog anda maka akan ada tulisan "No manual webspam actions found." Jika ada webspam maka akan ada data yang tampil di fitur ini.

    5. Internasional Targeting

    Ini sangat penting untuk anda. Jika anda lupa mengatur target negara blog anda walaupun anda menginginkan supaya mendapatkan pembaca dari luar maka anda akan mendapatkan pembaca lokal saja. Oleh sebab itu anda harus mengatur target negara untuk blog anda supaya bisa mendapatkan visitor yang ditarget.

    6. Mobile Usability

    Anda bisa mengetahui apakah ada kesalahan penguna mobile/seluler disini. Jika ada kesalahan maka akan ada data yang tampil. Mobile usability ini hanya dikhususkan untuk mobile saja.

    3. Google Index

    Disini akan ditampilkan data tentang index blog anda di google. Data index berupa jumlah index yang dimiliki blog anda. Bukan hanya itu saja juga ada fitur untuk menghapus artikel yang sudah terindex di google dan juga alamat yang tidak bisa diindex oleh google bot,biasanya karena berbeda host. Bagian yang ada :
    • Index Status (Mengetahui jumlah/total indexed)
    • Blocked Resources (Halaman/laman yang tidak bisa diindex)
    • Remove URLs (Untuk menghapus artikel yang terindex)

    4. Crawl 

    Ini dia fitur/bagian terpenting dalam webmaster. Crawl/perayapan ini berfungsi untuk membantu index blog sobat. Crawl yang dilakukan oleh google bot juga membutuhkan bantuan kita sebagai pemilik blog supaya lancar. Disini juga dibagi menjadi bagian-bagian penting,yaitu :

    1. Crawl Errors

    Dengan adanya fitur ini anda bisa mengetahui error yang ada di blog sobat (error 404) dan juga error ketika google bot tidak bisa merayap pada bagian di blog sobat. Dengan begitu anda bisa memperbaiki kesalahan yang terjadi dan membuat blog anda mudah untuk diindex. Jika terjadi error maka anda akan disarankan untuk memblock index atau melakukan fetch as google.


    2. Crawl Stats

    Akan ditampilkan data jumlah crawl/perayapan yang dilakukan setiap haru. Bukan hanya itu saja juga ditampilakan lama waktu yang diperlukan dan juga kecepatan perayapan. Silakan langsung pelajari di webmaster.

    3. Fetch As Google

    Fetch as google/ambil sebagai google ini merupakan fitur yang saya sukai dan fitur yang paling penting. Dengan cara ini anda bisa membuat artikel anda supaya terindex google. Anda harus melakukan fetch as artikel setiap anda selesai membuat artikel. Untuk memahami tentang fetch as google lebih dalam,baca artikel berikut Apa Itu Fetch As Google? Bagaimana Cara Menggunakannya?
      

    4. Robot.txt Tester

    Untuk mengetahui apakah crawl/perayapan yang dilakukan googlr bot berjalan dengan lancar atau tidak anda bisa menggunakan fitur ini.  Anda hanya perlu memasukkan url artikel anda lalu meminta google untuk mengetest crawl menuju url yang dimasukkan. Jika tidak terjadi error berarti google bot bisa melakukan perayapan diartikel tersebut.

    5. Sitemaps

    Penting bagi anda untuk memahami fitur ini. Sitemap atau peta situs sangatlah penting bagi blog anda dan berfungsi sebagai media supaya artikel mudah terindex. Anda hanya perlu melakukan submit sitemap setiap 6 bulan atau 1 tahun sekali. Disini akan ditampilakn jumlah artikel yang sudah disubmit dan juga jumlah artikel yang sudah terindex. Anda bisa melakukan submit sitemap dengan sitemap.xml ,atom sitemap atau juga rss sitemap. Baca : Cara Memasukkan/Submit Sitemap Blog Google Webmaster

    Kesimpulan

    Webmaster penting untuk blog anda. Untuk mengembangkan blog anda supaya bisa mendapatkan sumber trafik dari google. Selain memahami fungsi dari webmaster anda juga harus menerapkan di blog anda. Supaya mengetahui manfaat webmaster lebih dalam anda bisa membaca artikel berikut Manfaat Webmaster Tools Bagi Blog. Oleh sebab itu anda harus belajar dan memahami tentang webmaster untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

    Subscribe to receive free email updates:

    1 Response to "Cara Menggunakan Google Webmaster Tools Dengan Benar"

    1. wah .. lengkap banget nih artikel, sekarang saya jadi paham, tadinya masih meraba-raba, pas nemu artikel ini ilmu seputar google webmaster saya jadi nambah.
      terima kasih gan. salam kenal gan

      ReplyDelete

    Jangan ada link aktif di komentar karena komentar anda di moderasi!

    ==Tutup Iklan [2x]==