Cara Menghapus URL Artikel Dari Google Search - Menghilangkan Artikel Yanng Terindex

Kebanyakan orang suka dengan artikel dan juga blognya yang sudah terindex  google. Supaya terindexnya aja susah kenapa harus dihapus. Namun ada juga yang ingin menghapus artikel mereka yang sudah terindex di google. Karena hal ini juga akan berdampak pada blog itu sendiri.

Tapi tenang artikel yang sudah terindex lalu dihapus masih bisa kembali terindex kok. Artikel yang sudah masuk kedalam pencarian google/penelusuran google masih bisa dihapus atau dihilangkan.

Penghapusan artikel yang sudah terindex oleh pemiliknya sendiri adalah hal yang wajar dan biasa,tapi jika artikel serta blog kita dihapus oleh google sendiri itu baru tidak wajar. Mungkin karena blog tersebut memiliki dampak dan isi yang negatif (Seperti phising,judi,dll.) sehingga harus dihapus. 

Alasan Menghapus Index Blog Di Google

Pasti ada alasan kenapa artikel yang sudah terindex bahkan sudah berada di page one harus dihapus,Nah berikut beberapa alasannya :

1. Karena Blog Sudah Dihapus

Jika blog sudah dihapus apa gunanya memiliki artikel yang sudah terindex di google. Mending dihapus semua biar gak ada kenangan. ๐Ÿ˜€ Selain itu jika blog anda menggunakan domain subdomain (blogspot/wordpress) nanti blog anda tersebut bisa digunakan lagi jadi blog zombie.

2. Ada Artikel Yang Dihapus Dari Blog

Jika anda mempunyai artikel yang sudah dihapus dari blog anda dan juga sudah terindex di google maka anda harus menghapus index artikel tersebut di google. Kenapa? Karena akan menyebabkan error page 404 dan broken link yang bisa berpengaruh terhadap SEO blog sobat.

3. Error Page 404

Biasanya jika ada error age 404 maka google akan memberi tahu melalui webmaster karena ada kesalahan crawl/perayapan. Hal ini bisa anda atasi dengan melakukan perbaikan crawl di webmaster atau juga menghapus index artikel tersebut jika sudah terindex google.

Itu dia alasan kenapa harus menghapus index artikel di google. Lalu bagaimana caranya? Jika anda mencoba menghapus property blog anda di webmaster index artikel masih ada di google. Untuk cara menghapus artikel yang sudah terindex di google ini kita akan memanfaatkan fitur yang sudah disediakan di webmaster. Berikut ini caranya :

Cara Menghapus Artikel/Blog Yang Sudah Terindex

Langkah 1
Silakan anda login dulu ke webmaster lalu pilih blog yang ingin dihapus index artikel di google

Langkah 2
Lalu pilih Google IndexRemove URLs Temporarily hide ,Masukkan url artikel yang ingin dihapus lalu klik Continue (Lihat gambar dibawah)

Masukkan url tanpa domain,contoh : /jasa-cloning-template-blogger-clone.html
 
Cara Menghapus Blog/Artikel Yang Sudah Terindex DI Google

Langkah 3
Karena ingin menghapus secara keseluruhan maka silakan pilih Temporarily hide page from search results and remove from cache lalu klik Submit Request

Selesai,anda hanya perlu menunggu supaya permohonan anda diterima,jika artikel sudah dihapus google maka tulisan pending akan berubah menjadi removed.

Lalu bagaimana cara mengembalikan supaya artikel bisa terindex dan muncul lagi di google? Caranya cukup mudah anda hanya perlu memilih artikel yang sudah dihapus diwebmaster lalu klik Reinclude . Mudah bukan!

Cara Menghapus Blog/Artikel Yang Sudah Terindex DI Google

Itulah tutorial cara menghapus blog/artikel yang sudah terindex di google. Semoga bisa bermanfaat dan berguna.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara Menghapus URL Artikel Dari Google Search - Menghilangkan Artikel Yanng Terindex"

  1. Makasih infonya gan .... Emang bandel postingan lama ane gak bisa ke hapus...

    ReplyDelete
  2. ternyata mudah ya, apalagi ada yang mengatakan walaupun udah dihapus, blog tetep bakalan ada di google, apalagi bagi orang yang mengoreksi konten yang buruk untuk masuk adsense

    ReplyDelete
  3. makasih informasinya gan, bisa jadi referensi

    ReplyDelete

Jangan ada link aktif di komentar karena komentar anda di moderasi!