Apa Itu Fetch As Google? Bagaimana Cara Menggunakannya Dengan Benar?

Fetch as google (ambil sebagai google) merupakan fitur atau layanan yang diberikan google kepada para pemilik blog/pengelola blog. Fetch as ini sangat bermanfaat bagi para blogger yang ingin supaya artikel mereke bisa terindex di mesin pencari.Dari arti yang bisa diterjemahkan google ingin memberi tahu bagaimana cara menjadi google. Maksudnya menjadi google yang mencari dan mengumpulkan index informasi.

Banyak para blogger/pengguna fetch as yang mengalami kerepotan atau kesusahan sehingga menyebabkan error. Hal ini biasanya terjadi ketika mereka salah dalam memasukkan url alamat artikel yang ingin mereka fetch as. Disini google mengambil artikel yang telah kita berikan supaya bisa lebih mudah dalam perayapan.

Apa itu Fetch As Google?

Dari artinya yaitu ambil/mengambil sebagai google. Fetch as merupakan fitur yang menunjukkan bagaimana cara google bekerja selama ini. Dengan tambahan fitur baru ini di webmaster google/search console diharapkan supaya para pemilik blog bisa menggunakan sebaik-baiknya.

Supaya blog atau artikel yang ada di blognya bisa terindex oleh google. Bukan hanya itu saja fetch as juga membantu google dalam melakukan crawl atau perayapan dan mengetahui apakah adalah javascript atau penghalang dalam google mengindex artikel tersebut.

Baca juga : Kesalahan Ketika Melakukan Fetch As Google

Ada fitur yang bisa dibilang sama dengan fetch as yaitu submit url. Perbedaan dari kedua fitur tersebut mungkin dari kelengkapan dan cara penggunaannya saja. Fetch as lebih lengkap dan detiel dan hanya bisa untuk artikel-artikel dari blog yang bersangkutan,sedangkan submit url bisa digunakan untuk mensubmit url artikel blog/situs orang lain. 

Fungsi dan Manfaat Fetch As Google

Fungsi dari fetch as ini yaitu untuk memudahkan google dalam melakukan perayapan ke artikel yang bersangkutan supaya bisa mudah untuk terindex. Fetch as ini juga memiliki peran untuk mengecek jalannya perayapan yang dilakukan oleh robot google,mengecek apakah ada javascript yang memblokir sehingga google tidak bisa mengindex artikel yang ada.

Supaya blog bisa terindex tidak hanya dengan menggunakan fetch as tapi anda juga bisa dengan submit sitemap ke webmaster. Baca juga : Cara Memasukkan/Submit Sitemap Blog Google Webmaster

Untuk syaratnya sangat mudah untuk dilengkapi yaitu anda harus mempunyai akun google yang sudah masuk/login ke webmaster serta mendaftarkan blog/situs anda ke webmaster google. Jika anda belum mendaftarkan blog anda ke webmaster,silakan baca artikel berikut Cara Mendaftarkan Blog/Situs Ke Google Webmaster [Search Console] . Lalu bagaimana cara menggunakannya? Ikuti langkah dibawah ini.

Cara Menggunakan Fetch As Google

Langkah 1
Silakan masuk ke webmaster google,lalu pilih blog yang ingin artikelnya di fetch as

Langkah 2
Silakan klik Crawl Fetch As Google ,lalu silakan masukkan url artikelnya dikotak yang disedikan. Lalu klik Fetch

Karena sudah ada domain blog anda jadi anda hanya perlu memasukkan url setelah url domain anda. Contoh saya ingin fetch url artikel http://www.anggasave.com/2017/03/cara-mudah-membuat-menu-navigasi-blog.html  ,jadi yang perlu kita masukkan ke webmaster hanya 2017/03/cara-mudah-membuat-menu-navigasi-blog.html


Langkah 3
Klik Request Indexing diurl artikel yang sudah kita fetch tadi,lalu silakan lengkapi recaptha dan pilih mode crawl,jika sudah klik OK


Yeay,url blog anda sudah difetch. Semoga url tersebut bisa terindex google. Lakukan cara ini setiap anda selesai membuat artikel baru supaya setiap artikel bisa terindex google. Cukup sekian tutorial yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

23 Responses to "Apa Itu Fetch As Google? Bagaimana Cara Menggunakannya Dengan Benar?"

  1. Bedanya fetch as google sama yg render apa gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. perbedaannya terletak di fungsinya,fetch hanya meminta google untuk mengindex artikel yang kita fetch,tapi jika fetch and render sama dengan fetch namun yang diindex secara keseluruhan,seperti javascript,gambar,dan video.

      Delete
  2. Penjelasan yang detail mas jadi mudah dipahami, awalnya saya tidak tahu apa itu fatch as google, terimakasih penjelasan dan tutorial nya

    ReplyDelete
  3. thx banget, sekarang blog aku udah bisa diindex

    ReplyDelete
  4. wah.. baru tahu saya fungsinya gan :v

    ReplyDelete
  5. Ini fitur yang sangat bermanfaay di search console, saya pun selalu rutin menggunakan fitur ini setelah update artikel.

    ReplyDelete
  6. Thanks gan infonya, biasanya cuma pake fetch as Google tanpa tau APA artinya hehehe

    ReplyDelete
  7. Berarti setiap mau posting artikel wajib fetch as dulu ya gan?
    Engga otomatis ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan setiap update artikel juga harus rutin fetch as supaya dapet hasil yang maksimal. Walaupun sudah submit sitemap

      Delete
  8. Bagusnya gan, bisa cepet terindex sama Mbah Google ya, aku sering make kok. Hasilnya langsung ada. Thanks infonya

    ReplyDelete
  9. terimakasih gan. ini bedanya dengan submit sitemap apa? apakah kalau sudah submit sitemap perlu fetch as goggle lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Submit sitemap mencakup keseluruhan blog sedangkan fetch as hana artikel yang bersangkutan. Jika sudah melakukan submit sitemap bagusnya juga melakukan fetch as untuk hasil yang maksimal.

      Delete
  10. Wah baru tau ane, terima Kasih infonya gan, mau terapin dulu di blog ane..

    ReplyDelete
  11. wah baru tau fetch as google mungkin bisa di coba kapan", tapi saya juga baru tau klo javasript bisa menghalangi google untuk mengindex blog kita. Itu kok bisa y? Mungkin agan tau?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa javascript yang menghalangi spider bot untuk merayapi situs kita. Karena javascript tersebut tidak support dengan robot crawl alhasil malah memblok.

      Delete

Jangan ada link aktif di komentar karena komentar anda di moderasi!